Tuesday, November 04, 2008

Menimbang Value Motor Terbaik

Iseng-iseng sambil ngisi waktu aku bikin tabel harga motor baru, dengan harapan bisa menolong banyak orang agar bisa mendapatkan motor dengan value terbaik sesuai dengan budget yang dimiliki.

Data yang telah terkumpul lalu dibagi-bagi dengan jarak harga per 1 juta rupiah. Berikut ini adalah hasil dari pembagian motor menurut harganya. Diharapkan dari data ini kita bisa dengan mudah menemukan motor mana yang mempunyai value yang paling baik dari budget yang kita punyai.

Dibawah 12 Juta

Pada kisaran dibawah 12 juta terdapat 8 pilihan motor yang masuk ke dalam segment bebek low sampai matic middle.

MERK

TYPE

CC

HARGA

KELAS

Honda

Fit-X

100

Rp 10.600.000

Bebek Low

Suzuki

Spin SW

125

Rp 11.100.000

Matic Low

Yamaha

Mio

115

Rp 11.110.000

Matic Low

Suzuki

Smash SW

110

Rp 11.360.000

Bebek Low

Yamaha

Vega-R DB

110

Rp 11.500.000

Bebek Low

Kawasaki

Zone R

125

Rp 11.700.000

Bebek Low

Yamaha

Mio Sporty

115

Rp 11.885.000

Matic Middle

Suzuki

Spin CW

125

Rp 11.900.000

Matic Middle

Honda Fit-X menduduki harga yang paling murah yaitu seharga Rp. 10.600.000 tapi dengan kapasitas mesin yang hanya 100cc dapat dipastikan kalau harga tersebut terbilang terlalu mahal, apalagi bila dibandingkan dengan Suzuki Spin SW yang harganya terpaut hanya 500 ribu tapi telah bermesin 125 cc dengan transmisi matic, disisi lain apabila kita tetap menginginkan basis underbone (bebek), Kawasaki Zone R bisa jadi pilihan yang cukup menarik karena motor ini hanya mempunyai selisih harga Rp.200.000 dari Yamaha Vega R yang masih bermesin 110 cc.

BEST VALUE DIBAWAH 12 JUTA : SUZUKI SPIN SW

12 Jutaan

Di kisaran 12 Jutaan terdapat 7 pilihan dengan selisih harga yang sangat tipis, dengan rentang segmen mulai dari bebek low sampai matic Premium.

Honda

Beat

110

Rp 12.000.000

Matic Low

Honda

Revo SW

100

Rp 12.050.000

Bebek Low

Suzuki

Smash CW

110

Rp 12.060.000

Bebek Low

Kawasaki

Zone VR

125

Rp 12.100.000

Bebek Middle

Suzuki

Spin CW NR

125

Rp 12.200.000

Matic Middle

Suzuki

Smash CW NR

110

Rp 12.360.000

Bebek Low

Yamaha

Mio Soul

115

Rp 12.800.000

Matic Premium

Harga paling murah di kisaran 12 jutaan dipegang oleh Honda Beat seharga Rp. 12.000.000 disusul oleh saudara bebeknya Honda Revo SW yang hanya terpaut Rp.50.000 (Rp.12.050.000). Tapi sekali lagi Honda Revo SW masih mengadopsi mesin C-100 sehingga harga tersebut masih dinilai terlalu mahal, lain halnya dengan Kawasaki Zone VR yang dengan harga yang hampir sama motor ini menawarkan dapur pacu yang jauh lebih besar yaitu 125 cc serta velg racing yang sangat sporty.

Dengan demikian di kisaran harga 12 jutaan Honda Beat dapat menjadi pertimbangan bagi yang menyukai motor type Matic khususnya bagi yang mendambakan motor matik dengan konsumsi BBM yang lebih irit dibanding motor matik sekelasnya seperti Yamaha Mio, disisi lain bagi pencinta motor underbone Kawasaki Zone VR mempunyai value yang paling tinggi dibandingkan dengan motor yang lain dengan harga yang hampir sama.

BEST VALUE 12 JUTAAN : KAWASAKI ZONE VR

13 Jutaan

Persaingan harga motor pada kisaran 13 Jutaan hanya terjadi pada rentang 13.050.000 s.d 13.500.000 saja.

Honda

Revo CW

100

Rp 13.050.000

Bebek Low

Suzuki

Shogun R

125

Rp 13.100.000

Bebek Middle

Kawasaki

ZX R

130

Rp 13.150.000

Bebek Premium

Yamaha

Jupiter-Z SW

110

Rp 13.260.000

Bebek Middle

Honda

Vario SW

110

Rp 13.350.000

Matic Premium

Bajaj

XCD

125

Rp 13.500.000

Sport Low

Honda Revo CW menempati harga termurah di dalam kisaran ini yaitu Rp.13.050.000. Lagi-lagi Honda terlihat begitu percaya diri dengan mengeluarkan line-up C-100-nya di segmen ini. Padahal dengan harga yang hanya terpaut Rp. 100.000 kita bisa mendapatkan sebuah motor Bebek semi touring dengan kapasitas 130 cc seharga Rp. 13.150.000 !! Ya... kawasaki ZX R memang merupakan pilihan yang sangat sulit untuk ditolak untuk segmen ini.

Kabar baik datang dari pabrikan Bajaj. Dimana dengan hanya selisih Rp.450.000 dari Honda Revo CW, kita dijanjikan untuk mendapatkan sebuah motor Sport dengan gaya yang cukup sporty dengan dapur pacu 125 cc. Sayang, keberadaan rem depan yang masih mengandalkan tromol pasti akan membuat calon pembelinya akan berfikir dua kali untuk meminang motor ini.

BEST VALUE 13 JUTAAN : KAWASAKI ZX R

14 Jutaan

Sepertinya disinilah pertempuran motor yang sesungguhnya, karena level ini tercatat ada 14 tipe motor dari mulai kelas Bebek middle sampat Sport low tumplek-blek di kelas ini. Dari mulai Brand kelas atas sampai Brand yang masih terbilang baru ngumpul disini.

Honda

Supra X SW

125

Rp 14.000.000

Bebek Middle

Kawasaki

ZX VR

130

Rp 14.000.000

Bebek Premium

Minerva

Sachs Madass

125

Rp 14.000.000

Bebek Middle

Yamaha

Jupiter-Z CW

110

Rp 14.035.000

Bebek Middle

Suzuki

Skywave NR SR

125

Rp 14.035.000

Matic Premium

Suzuki

Shogun RR

125

Rp 14.230.000

Bebek Middle

Yamaha

Jupiter MX SW

135

Rp 14.285.000

Bebek Premium

Kawasaki

Athlete

125

Rp 14.300.000

Bebek Premium

Honda

Vario CW

110

Rp 14.350.000

Matic Premium

Suzuki

Shogun SP

125

Rp 14.430.000

Bebek Middle

Minerva

R 150 SE

150

Rp 14.500.000

Sport Low

Suzuki

Shogun NR

125

Rp 14.630.000

Bebek Middle

Yamaha

Jupiter MX CW AC

135

Rp 14.700.000

Bebek Premium

Suzuki

Thunder

125

Rp 14.715.000

Sport Low

Honda Supra X SW bersanding dengan Kawasaki ZX VR dan Minerva Sach Madass di harga yang termurah pada segmen ini yaitu Rp. 14.000.000. Sepertinya Minerva Sach Madass terlalu ngoyo untuk memaksakan produknya bertarung di kelas ini, walaupun teknologinya diklaim merupakan teknologi jerman, ditambah dengan modelnya yang cukup radikal yang seperti sepeda gunung, tapi rupanya masih butuh waktu agar produknya dapat diterima oleh masyarakat.

Disini level ini Minerva juga dengan bangga menawarkan produk Sport Low-nya yaitu type R150. Dengan harga yang hampir sama dengan Suzuki Shogun NR Motor ini menawarkan banyak sekali kelebihan: dimulai dari tampang Sporty seperti Honda CBR, dapur pacu 150 cc dan rem yang sudah double disk. Namun dilihat dari sisi after sales service-nya para peminat motor ini mungkin akan sejenak berfikir lebih dalam untuk memutuskan membeli motor ini, terlebih dengan hanya menambah budget Rp.200.000, konsumen akan mendapatkan Suzuki Thunder yang meskipun kapasitas mesinnya jauh dibawah Minerva R150 tapi lebih mapan baik dalam segi reputasi maupun after sales servicenya.

Sebenarnya sangat berat untuk memutuskan motor mana yang punya value terbaik di kelas 14 jutaan. Tapi mau nggak mau salah satunya harus tetap muncul sebagai motor dengan value terbaik di kelas ini. Akhirnya setelah melalui beberapa pertimbangan pilihan pun jatuh pada Jupiter MX CW AC, dimana motor ini menjanjikan performa terbaik di kelasnya, karena telah memiliki dapur pacu 135 cc dengan konfigurasi mesin tegak. Motor ini hanya terpaut Rp.700.000 dengan Kawasaki ZX CW yang walaupun menawarkan kelengkapan yang hampir sama namun masih menganut konfigurasi mesin tiduran. Selain itu feature tambahan yang berupa pendingin air, velg racing dan suspensi monoshock merupakan suatu nilai tambah yang sulit ditolak oleh calon pembeli motor di segmen ini.

BEST VALUE 14 JUTAAN : YAMAHA JUPITER MX CW AC

15 Jutaan

Di level 15 Jutaan, terdapat hanya lima pilihan motor, tiga diantaranya merupakan produk Suzuki.

Honda

Supra X CW

125

Rp 15.000.000

Bebek Premium

Yamaha

Jupiter MX CW MC

135

Rp 15.150.000

Bebek Premium

Suzuki

Shogun FI

125

Rp 15.355.000

Bebek Middle

Suzuki

Skywave

125

Rp 15.835.000

Matic Premium

Suzuki

Skywave NR

125

Rp 15.835.000

Matic Premium

Honda Supra X CW menduduki posisi motor dengan harga termurah dalam segmen ini yaitu Rp.15.000.000. Sementara dengan hanya terpaut lebih mahal Rp.150.000 saja, Jupiter MX CW MC menawarkan feature melimpah seperti yang ditawarkan oleh varian Jupiter MX CW AC, namun varian ini menyertakan fasilitas tambahan berupa Kopling manual (Manual Clutch).

BEST VALUE 15 JUTAAN : JUPITER MX CW MC

16 Jutaan

Pada level ini Honda menjadi single fighter dengan menempatkan produk Supra X PGM-Fi-nya dengan harga 16.100.000.

Honda

Supra X PGM-Fi

125

Rp 16.100.000

Bebek Premium

Feature Fuel Injection memberikan kepercayaan tinggi bagi honda untuk menempatkannya jauh diatas produk sejenis dari merk lainnya seperti Suzuki Shogun FI yang dibandrol hanya Rp. 15.355.000 saja. Namun karena tidak ada pembanding lain di level harga 16 jutaan, maka Honda Supra X PGM-Fi berhak mendapatkan predikat best value untuk level ini.

BEST VALUE 16 JUTAAN : HONDA SUPRA X PGM-FI

17 Jutaan

Persaingan yang cukup unik terjadi di level ini. Dua jenis motor underbone dan dua motor sport sepertinga bersaing ketat di range harga yang hamprir sama.

Honda

CS-1

125

Rp 17.000.000

Bebek Premium

Suzuki

Satria FU

150

Rp 17.000.000

Bebek Premium

Bajaj

Pulsar 180

180

Rp 17.500.000

Sport Middle

Honda

Mega Pro SW

160

Rp 17.600.000

Sport Middle

Honda CS-1 menempel ketat Suzuki Satria FU. Disini terjadi duel yang cukup berdarah diantara keduanya, Dimana pada saat tulisan ini dibuat Honda CS-1 berhasil mendominasi pasar yang sebelumnya dipegang oleh Suzuki FU. Hal ini cukup mengherankan, karena dari sisi basis mesin saja Suzuki FU jelas jauh lebih unggul dengan dapur pacu 150cc dibandingkan dengan Honda CS-1 yang hanya mengusung mesian tegak 125cc yang merupakan turunan dari mesin Honda Sonic.

Sepertinya dalam kasus ini tampilan serba unik yang ditawarkan Honda CS-one yang merupakan kombinasi dari nuansa underbone dan sport menjadikan Honda CS-1 sebagai pilihan tersendiri bagi konsumennya. Ini membuktikan kalau kapasitas mesin tidak mutlak menjadikan sebuah motor menjadi lebih digemari.

Pada kelas Sport di level 17 Jutaan, Bajaj sanggup memberikan nilai lebih dengan memberikan produk Bajaj Pulsar 180-nya seharga Rp.17.500.000 dibandingkan dengan kompetitornya Honda Megapro SW yang masih bermesin 160cc dan bervelg jari-jari yang dibanderol 17.600.000. Bukan hanya itu Bajaj juga memberikan berbagai tambahan feature lainnya sebagai nilai tambah seperti Velg Racing, Tampang sporty, teknologi DTS-i, Exaus-Tec, dan Speedo digital yang sampai saat ini masih belum diterapkan ATPM lain untuk produk Sport, matic maupun underbone-nya. Sehingga sangat layak bagi Bajaj Pulsar 180 untuk mendapatkan the best value di 17 jutaan.

BEST VALUE 17 JUTAAN : BAJAJ PULSAR 180

18 Jutaan

Percaya tidak percaya.... ternyata pabrikan motor di Indonesia tidak ada yang menempatkan produknya di level ini.... Tanya kenapa?

BEST VALUE 18 JUTAAN : TIDAK ADA

19 Jutaan

Di level ini hanya terdapat tiga jenis motor yang diwakili oleh produk motor sport dari Honda dan Yamaha.

Honda

Mega Pro CW

160

Rp 19.100.000

Sport Middle

Yamaha

V-Ixion

150

Rp 19.400.000

Sport Middle

Yamaha

Scorpio-Z SW

225

Rp 19.485.000

Sport Premium

Disini orientasi konsumen sangat menentukan salam memilih motor yang mempunyai value terbaik di level ini, karena disini terdapat dua produk yang memiliki harga yang hampir sama namun dengan karakteristik yang sangat berbeda. Yamaha V-Ixion yang walau hanya mempunyai dapur pacu 150cc namun mempunyai teknologi mesin yang jauh lebih unggul dari kakaknya Scorpio-Z SW yang bermesin 225cc. Disisi lain Scorpio-Z merupakan motor sport dengan kapasitas mesin terbesar kedua setelah Kawasaki 250cc diluncurkan.

Namun kembali kepada pertimbangan bahwa dapur pacu bukanlah segalanya, keberadaan Yamaha vixion yang mempunyai feature dan teknologi yang jauh lebih melimpah seperti karbu injeksi, radiator, delta box, cukup untuk membuktikan kalau motor ini berhak untuk mendapatkan best value untuk level 19 Jutaan.

BEST VALUE 19 JUTAAN : YAMAHA V-IXION

20 Jutaan

Di level inilah kelas sport premium semua motor berada.

Bajaj

Pulsar 200

200

Rp 20.200.000

Sport Premium

Kawasaki

Ninja M

150

Rp 20.250.000

Sport Premium

Yamaha

Scorpio-Z CW

225

Rp 20.785.000

Sport Premium

Honda

Tiger SW

200

Rp 20.900.000

Sport Premium

Kawasaki

Ninja L

150

Rp 23.400.000

Sport Premium

Honda

Tiger CW

200

Rp 23.500.000

Sport Premium

Bajaj pulsar 200 menempatkan dirinya sebagai produk termurah di level ini sehingga mau tak mau ia harus head to head dengan Honda Tiger CW 200 yang terpaut Rp.3.500.000 dan dengan Yamaha Scorpio-Z CW yang lebih mahal 585.000 namun menawarkan dapur pacu 225 cc dan suspensi monoshock.

Sekilas kelihatannya Bajaj Pulsar sangat percaya diri dengan memasang harga Rp. 20.200.000, apalagi jika melihat penambahan featurenya tidak begitu signifikan bila dibandingkan dengan adiknya Bajaj Pulsar 180, namun menimbang value yang diberikan ternyata Bajaj Pulsar ternyata jauh melampaui kedua rivalnya, dengan menawarkan teknologi DTS-i, Exhaus-Tec, speedo digital, dan tampang yang begitu sporty. Dengan demikian tampaknya gelar Best Value untuk motor sport di level 20 jutaan layak dipegang oleh Bajaj Pulsar 200.

BEST VALUE 20 JUTAAN : BAJAJ PULSAR 200

Diatas 30 Juta

Tibalah kita di level terakhir. Pada posisi ini strategi blue ocean nampaknya dipakai dengan baik oleh Kawasaki dengan menempatkan 2 line-up nya yaitu Ninja RR dan Ninja 250R. Sampai saat ini belum ada ATPM lain yang berani untuk membuat produk dengan kisaran harga di level ini.

Kawasaki

Ninja RR

150

Rp 31.000.000

Sport Super Premium

Kawasaki

Ninja 250R

250

Rp 44.900.000

Sport Super Premium

Berbicara masalah value, tentu saja kedua produk diatas memegang value terbaik untuk level harganya masing-masing, ini tersangkut langsung dengan fanatisme dari penggunanya masing-masing. Tapi karena dalam hal ini kita membicarakan produk super premium, maka tentu saja value terbaik jatuh pada Kawasaki 250R, dimana dengan harga Rp.44.900.000 kita ditawari sebuah motor yang state of the art untuk motor produk CKD dalam negeri.

BEST VALUE DIATAS 30 JUTA : KAWASAKI 250R

Dari data diatas bisa tergambar betapa kerasnya peta persaingan harga motor di Indonesia yang terekam pada bulan Oktober 2008. namun dengan adanya tulisan ini semoga bisa memberikan pertimbangan yang lebih cerdas bagi para pengguna motor di Tanah air untuk mendapatkan produk yang paling sepadan dengan budget yang dikeluarkannya.

Sumber data : Kredit-Motor.com

3 comments:

Anonymous said...

walah! mas, kalo bandingin CC vs Harga sih nggak fair tuh, nggak bisa dibilang best value for money.

Ingat, cost sepeda motor itu nggak selesai sampe "beli", tetep harus isi bensin, ganti oli, ganti spare parts, service, dst.

Nah, beberapa faktor harus ikut di pertimbangkan :
- Power (cc gede bukan jaminan power gede)
- Torque (secara di Indonesia banyak jalan tanjakan dan sering macet)
- Konsumsi bahan bakar
- Ketersediaan spare part
- Harga service dan spare part

satu lagi, kalo udah main kelas CBU (contoh : N250), udah nggak ada istilah value, soale spare partsnya overpriced dan servicenya nggak banyak yang bisa.

Fitra Sakti said...

Yah begitulah... setiap orang pasti punya selera masing-masing dengan kriterianya masing-masing.

Ada yang menganggap Brand Mapan dan "bungkus" sebagai jaminan value sebuah motor, ada juga yang lebih melihat daleman atau kualitas mesinnya dibanding merk dan after sales service loh...

Contohnya kasus Minerva R150, buanyaak yang beli... padahal merk kualitas dan servicenya masih dipertanyakan.

Konsumen motor sudah rindu dengan produk yang berkualitas dengan harga yang bersahabat.

ipay cendana said...

ternyata motor nya gede orangnya kecil hihihi...