Thursday, June 04, 2009

Kesan pertama bersama Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope)



Sebulan terakhir ini koneksi jaringan di kantorku sungguh kacau beliau... hal ini disebabkan oleh serangan virus confiker yang sampai detik ini belom ada obatnya T_T. Tentu hal ini nggak boleh dibiarkan, coz aq nggak mau dijajah oleh kutukan virus yang menyebalkan itu.

Akhirnya kuputuskan untuk memformat ulang komputerku yang selama 2 tahun terakhir ini setia dengan OS Windows XP PE (Pirated Edition alias edisi bajakan). Mula-mula aku mengandalkan CD Ubuntu 8.04 yang kudapat setahun lalu. Namun kurasa performanya kurang memuaskan, khususnya ketika mencoba merubah resolusi layar... Huh.. kok malah jadi aneh... Usut punya usut ternyata hal ini dikarenakan driver VGA yang kupunya (ATI Radeon 9500) belom dikenali sempurna oleh OS Linux yang dijuluki si Hardy Heron ini.

Setelah browsing kesana-kemari akhirnya aku dapet info kalo Ubuntu terbaru udah dirilis pada bulan April 2009, namanya Ubuntu 9.04 yang dinamai Jaunty Jackalope. Tak sabar ingin mencicipi performanya, langsung aja aku download file ISO-nya dari www.ubuntu-id.org, aku ngambil server miror dari Telkom biar lebih cepet. Cuman butuh waktu 3 jam untuk mendownload file-nya yang berukuran 699 MB; sore itu maklum koneksi Spidiku lagi sepi :-).

Kelar download besoknya file ISO itu aku Burn ke CD blank dengan nero, dan CD nya langsung dimasukan ke komputerku. Proses instalasi berlangsung cukup cepat, hanya berkisar 30-menit saja.

Kesan pertama yang kudapat, Jausty Jackalope sukses mengenali semua Hardware PC yang kupunya, Internet pun langsung jalan tanpa konfigurasi macam-macam. Kini usai sudah pencarianku untuk mencari OS alternatif yang baru, dikala komputer lain pada hang dan lelet karena direcoki virus, PC-ku ini anteng-anteng aja tanpa keluhan apapun.

No comments: