Monday, April 26, 2010

Ngitung Sendiri Biaya Pemakaian Biaya Listrik

Hmmm... sebagai Newbie di bidang pembayaran listrik gw pasti resah dan gelisah, melihat meteran listrik yang telah dipasang PLN sejak 3 bulan lalu telah menunjukan angka 495, sementara sudah beberapa kali nanya ke kantor PLN tagihannya blom keluar juga... Ya gimana gak keder, coz lama2 lama kan bisa membengkak, ditambah gw masih awam banget masalah hitung menghitung pembayaran listrik.

So akhirnya setelah gugel sana sini ketemu deh di blog ini cara ngitung tagihan listrik, yee... ternyata ada rumusnya loh.... Pada intinya pada setiap tagihan listrik ada dua variabel yang mesti kita bayar, yaitu biaya beban dan biaya pemakaian. Khusus untuk Biaya Pemakaian (BP) dibagi menjadi 3 blok yang dikenakan tarif yang berbeda yaitu Blok I (Kwh ke : 0-20), Blok II (Kwh ke 21-60) dan Blok III (Kwh ke 61 dst) Untuk lebih jelasnya monggo perhatiken tabel berikut :


Naah jadi kalo kasus seperti gw, dari pertama kali meteran listrik terpasang tanggal 21 Januari 2010, dan sampe saat ini 26 April Kwh Meter sudah menunjukan angka 495 maka bisa diperkirakan pemakaian rata-rata harian listrik di rumah gw adalah 5Kwh, jadi kurang lebih pemakaian dalam satu bulan adalah sebanyak 150 Kwh. So, karena Golongan listrik gw adalah R-1 dengan daya 900VA, maka perhitungannya adalah sbb :

1. Biaya Beban : 23.000
2. BP Blok I : 20 x 310 = 6.200 (Kwh ke-0 s.d 20)
3. BP Blok II : 40 x 490 = 19.600 (Kwh ke-21 s.d 60)
4. BP Blok III : 90 x 530 = 47.700 (Kwh ke-61 s.d 150)
JUMLAH TOTAL = 96.500

Sehingga jumlah total pemakaian listrik selama 3 bulan ini adalah sekitar 289.000-an. Ah... ternyata ndak begitu bengkak ya...? apalagi pas barusan PLN Cileungsi gw telpon, mereka kasih tau kalo gw dah bisa bayar mulai tanggal 1 Mei besok.

Source Code : http://technoku.blogspot.com/2008/11/cara-menghitung-rekening-listrik.html

No comments: