Tuesday, June 05, 2007

Embrio “Komputer untuk Desaku”

Hari Jumat 25 Mei 2007 mungkin akan menjadi hari yang berkesan dalam hidupku. Karena di hari ini aku telah memperoleh harapan baru untuk memulai kembali angan-angan untuk merintis kembali cita-cita yang sejenak tertunda. Cita-cita untuk memberikan sebuah komputer kepada sebuah sekolah yang dulu telah mengajariku cara belajar dan menulis (SDN Nanggorak, Leuwisari, Tasikmalaya). Harapan itu datang dari seseorang yang bernama Dirgayuza Setiawan; yang mencetuskan ide program “PC untuk Mereka”. Hari itu Yuza; begitu ia dipanggil, menelponku dan mempersilakanku untuk mengambil 2 buah monitor PC yang telah ia janjikan 2 hari sebelumnya via YM yang akan aku berikan kepada SD tersebut.

Aku optimis keberadaan monitor-monitor tersebut akan menjadi embrio dari terwujudnya angan “Komputer untuk Desaku” yang sejak dulu aku dambakan. Salah satu monitor tersebut akan dipasangkan dengan CPU yang telah aku siapkan untuk diserahkan kepada SDN. Sedangkan Monitor yang satunya akan digunakan dikala CPU yang kini sedang aku bangun telah jadi dan akan digunakan sebagai PC pertama di “Sanggar Belajar Komputer” yang nanti akan aku rintis. Hmm… tinggal menunggu saat yang tepat kapan aku akan memutuskan untuk resign dari tempat kerjaku dan kembali ke kampung halamanku.

Sanggar Belajar ini akan menjadi pusat belajar komputer yang boleh digunakan oleh anak-anak sekolah dasar di desaku untuk belajar komputer secara gratis. Tujuan aku saat ini tidaklah muluk, hanya untuk merubah sesuatu yang tadinya tidak ada menjadi ada (just to turn 0 become 1). Mudah-mudahan segera setelah PC itu diterima oleh SD tersebut, setidaknya semua muridnya sudah tidak akan lagi bertanya-tanya seperti apa komputer itu dan bagaimana cara kerjanya, karena sampai sekarang komputer masih merupakan benda mewah bagi kebanyakan orang di sana.

Daftar Perangkat yang telah dimiliki:

  1. 1 unit CPU AMD K62 333MHz (untuk SDN Nanggorak)
  2. 2 Unit Monitor 15” Digital
  3. 1 unit CPU K7SEM AMD Duron 850MHz (under construction)
  4. 1 unit CPU 486 66MHz (untuk demo pengenalan Hardware)

So... ada yang minat buat nambahin hardwarenya lagi…?

1 comment:

Sewa Komputer said...

Menyumbang komputer untuk SD tempat dimana kita dulu sekolah.

Mulia sekali.

Terima kasih.