Sunday, July 13, 2008

Wifi Mahal dan Tidak Aman CUMAN MITOS!

Nyambung dari tulisan saya kemaren... tentang orang yang mengatakan kalo Wifi itu mahal dan nggak aman. Terus terang aja, kalo menurut aku hanya orang-orang yang gaptek aja yang bisa ngomong seperti itu.

Padahal kalo dihitung-hitung, Wifi itu nggak mahal loh.. cuman butuh dana awal yang SEDIKIT lebih mahal dari Switch Hub konvensional. Sebuah Switch Hub konvensional 16 port berharga 260.000 (itu hanya untuk 16 komputer aja lo), ditambah usaha dan dana tambahan untuk menarik dan membeli kabel serta memasang jack RJ45 yang bikin repot. Bandingkan dengan sebuah Wireless Router, yang dengan seharga Rp.400 ribu-an bisa menyambungkan puluhan sampai ratusan client tanpa kerepotan untuk menghitung jumlah kabel UTP dan jack RJ45 yang diperlukan.

Dari masalah keamanan, WiFi sekarang sudah jauh lebih baik, tinggal pilih aja mau yang paling sederhana WEP atau yang lebih aman WPA bahkan sekarang sudah ada fitur keamanan WPA2. Silakan aja Jebol tuh password Wifi...! Kalopun ada cara-cara hacking dalam menjebol WiFi baru security WEP aja yang bisa dijebol dalam waktu yang relatif singkat, itupun memerlukan perangkat yang kini sudah susah didapatkan.

No comments: