Thursday, August 07, 2008

Unlimited Terminal Server dengan Windows XP SP2

Judul diatas sungguh sebelumnya membuat aku ketawa-tawa, soalnya yang aku tahu windows XP tuh hanya bisa dipake terminal server oleh satu user aja, lebih dari itu terpaksa account yang lainnya harus rela logout.

Bermula dari keingin tahuanku tentang aplikasi Terminal server di Windows server 2003, mula-mula aku merencanakan ingin membuat jaringan thin client dengan WS 2003 + Thinstation. Setelah tutorialnya aku dapatkan, lalu aku install tuh WS 2003 di Kompie P4 ku yang kemaren baru kuganti Mainboardnya. Step-by-step aku ikuti cara pemasangan terminal server di WS 2003.

Lalu permasalahan muncul ketika aku pengen install Anti Virus, Oh… ternyata AVG yang aku punya nggak support Server… Lalu Winamp nggak mau jalan karena “bad direct sound driver”; Kesimpulannya pake WS 2003 selain pakenya ribet, beberapa software AV bermasalah karenanya buat WS 2003 mesti download AV edisi server. Ditambah Mainboard P4 478 yang baru aku beli (merk MoBo Tech = Abal-abal???) seharga 355rb dengan chipset SiS kayaknya tidak menyertakan driver yang kompatibel dengan WS 2003.

Setelah merenung, aku coba nanya ke Abah Google “Windows XP terminal server”… dan jreeng… ternyata ada lho tulisan dari Akang Pinuxer yang mengatakan bahwa Windows XP SP 2 bisa di Patch, sehingga fasilitas Terminal servernya bisa unlimited sehingga bisa dipake RDP (Remote Desktop) dari beberapa komputer. Tapi langkah-langkahnya masih agak ribet (2 kali patching). Akhirnya aku temukan patch all in one yang namanya Termiserv_XPSP2-SP3_i386_2.1.exe, yang katanya berupa file instalasi yang sekaligus bisa di uninstall, ukurannya kecil banget… cuman 65 KB. Hmm… Idenya mengotomasi step-step yang diuraikan Pinuxer ke dalam satu file binary executable (Cerdass…!). Syaratnya cuman satu, Fasilitas Fast User Switching Windows XP harus dalam keadaan ENABLE.

Dengan hati riang, aku samperin kompie P4 yang baru aja kelar install WS 2003, dan nggak pake mikir lagi aku install ulang aja pake Win XP SP 2. Kelar install aku test jaringan dulu, lalu test RDP dari kompie lain dengan account admin. Lalu seperti biasa aku lanjutin ke rutinitas selanjutnya, isi aplikasi Office, Anti Virus dkk…

Dengan hati berdebar, aku pun mengkopi file Termiserv_XPSP2-SP3_i386_2.1.exe yang telah aku download. Terus aku jalanin deh. Langkah selanjutnya tinggal menambah user-user sebanyak Komputer yang kita punya. Terus memasukannya ke dalam daftar privilege di bagian Remote connection (Klik kanan My Computer lalu klik Tab Remote, klik allow remote connection, klik Select Remote User, masukin deh user-user yang mau kita beri hak koneksi).

Setelah semuanya kelar, sekarang giliran test semua terminal Client yang aku punya… Ternyata BENERRRR… semuanya cliet bisa login RDP (Start ==> Program ==> Acessories ==>Communication ==> Remote Desktop Connection) tanpa mengganggu satu dan yang lainnya. Senenggg bangeeet….!

Yah… akhirnya kelar juga proyek aku ini… alhasil sekarang 5 unit PC tuaku bisa berjalan layaknya PC yang lebih muda. Walaupun bisa dibilang aktivitas ini Fully Illegal (Kata Microsoft…!), tapi ini bisa jadi pelajaran yang berguna bagi yang tertarik dalam bidang Thin Client.

OK… mungkin tulisan ini ngga bisa menjelaskan step-by-step secara gamblang, secara ini kan cuman curhat, bukan Tutorial. Tapi aku yakin dengan semangat belajar yang tinggi semua orang bisa melakukannya. Kalo masih ada yang kurang jelas, tinggal tulis comment aja yah… Semoga berguna.

CATATAN: Tulisan ini hanya dibuat sebagai bahan pembelajaran, penulis tidak bertanggungjawab atas semua resiko, keuntungan atau kerugian yang mungkin ditimbulkan dari tulisan ini :-).

Credit:
  • Pinuxer : for ur inspiring article
  • The Patch maker : It’s a damn small Stuff to do a big thing…!

No comments: