Tuesday, September 08, 2009

Field Report : Lokasi Gempa Tasikmalaya



Berikut adalah foto-foto di dua lokasi bencana Tasikmalaya yaitu Cisayong dan Cigalontang (klik Kanan ==> Open Link in New Tab nama wilayah untuk membuka album):
  1. Cisayong
  2. Cigalontang
Secara kuantitas wilayah Cisayong yang terkena impact bencana lebih sedikit dibandingkan cigalontang, namun secara kualitas, akibat yang ditimbulkan pada wilayah yang terkena sangatlah parah. Namun kurangnya publikasi media yang meliput wilayah ini menyebabkan aliran bantuan bencana tidak sebanyak yang datang ke wilayah Cigalontang. Kami mengunjungi kampung Ciloa yang terletak di desa Cikadu, di kampung ini 80% rumah penduduk dan fasilitas umum seperti mesjid hancur total.

Secara kuantitas zona bencana di Wilayah cigalontang lebih luas namun kerusakan yang ditimbulkan tidak separah di Cisayong. Kami mengunjungi salah satu kampung yang bernama Kampung Cisarinieun Desa Lengkong Jaya, disini kami menemukan 3 buah rumah yang rusak berat, namun belum sampai pada kategori hancur total. Bantuan bencana mengalir dengan lancar, namun masih terjadi kendala dalam pendistribuasian bantuan yang belum merata ke seluruh wilayah, khususnya daerah terpencil.


Dari kunjungan di di kedua wilayah diatas kami telah mengidentifikasi fakta-fakta sebagai berikut :
  1. Bantuan bahan pangan dan sembako relatif lancar, namun masih terkendala dengan masalah distribusi yang tidak merata.
  2. Petugas kesehatan yang tersedia belum merata, diharapkan adanya bantuan petugas kesehatan pada H-7 s.d. H+7 Lebaran, dikarenakan petugas yang ada saat ini kemungkinan akan ditarik ke puskesmas masing-masing untuk mengantisipasi terjadinya KLB.
  3. Bantuan yang paling dibutuhkan hingga saat ini adalah kebutuhan sandang berupa selimut dan baju khususnya untuk anak-anak.
  4. Untuk jangka panjang bantuan seperti material bangunan untuk pembangunan bangunan semi permanen akan sangat membantu mereka untuk dapat segera mendapatkan tempat tinggal dengan layak.
Demikian Field Report ini kami sampaikan untuk dapat menjadi gambaran bagi para donatur yang akan memberikan bantuan kepada para korban bencana Gempa di Tasikmalaya.

No comments: