Monday, October 12, 2009

Browsing Irit dengan Opera Mini 5 Beta di PC


Matinya koneksi Speedy di kantorku yang terjadi dari hari Rabu kemaren memaksaku untuk puter otak cari solusi agar terus bisa OL dengan menggunakan koneksi yang terbatas. Coz saat ini satu-satunya Modem yang aku punya cuman sebuah Nexian G900 bundling dengan XL.

Setelah sedikit nyari referensi dari Mbah Google, ternyata bisa ya kita browsing dengan menggunakan Opera Mini dari PC, sehingga pulsa internet kita akan tetep iriiit... seperti halnya waktu kita berselancar pake HP.

Apa aja sih yang kita butuhkan untuk browsing nyaman pake Opera Mini 5 Beta di PC ? Ini dia jawabannya; setidaknya kita butuh hal-hal dibawah ini :

I. Hardware
  1. Laptop / PC
  2. HP yang bisa jadi modem (disini gw pake Nexian G-900).
II. Software
  1. Java Runtime Environment (JRE) : Agar PC kita bisa menjalankan aplikasi java. Silakan download DISINI.
  2. Sun Java Wireless Toolkit : Sebagai Emulator HP java di PC kita. Silakan Download DISINI.
  3. Emulator Layar Lebar : Agar Aplikasi Opera Mini dapat tampil dengan layar lebar. Silakan Download DISINI. Pilih "OperaMiniLargeDevice" lalu pilih resolusi yang diinginkan.
  4. Software Opera Mini 5 Beta : Opera mini terbaru dengan fitur Touchsreen. Download file JAD-nya DISINI, dan File JAR-nya DISINI.

III. Koneksi Internet

Untuk Koneksi internet bisa pake operator apa aja, disini gw pake paket internet 40 MB per 30 hari seharga Rp. 20.000, info lengkap lihat di sini.

Lalu caranya gimenong...?

OK... kita lakukan step by step ya...

Pertamax, Download semua Software yang diperlukan dengan memakai link yang tersedia, simpen filenya di satu folder biar gampang.

Keduax, Install Java Runtime Environment (JRE) sebagai syarat agar PC kita bisa menjalankan aplikasi Java; termasuk Java Wireless Tool Kit (WTK).

Ketigax, Install Java Wireless Tool Kit (WTK), agar PC kita berfungsi sebagai emulator HP java.

Keempax (maksa mode :ON), Copy Folder "OperaMiniLargeDevice" ke folder C:\WTK2.5.2_01\wtklib\devices

Kelimax... (Waduh...!!), Klik START ==> Program ==> Sun Java Wireless Toolkit ==> Default Device Selection; lalu pilih "OperaMiniLargeDevice" di menu pilihan yang tersedia.

Keenamx, Pastikan PC udah bisa konek ke Internet dengan PC kita pake koneksi dial up dari modem HP kita ya... Sori nggak bisa dijelasin disini... hehehe....

Ketujuhx, Klik START ==> Program ==> Sun Java Wireless Toolkit ==>Run MIDP Application, Terus cari deh file Opera Mini 5 beta.JAD (Awas... Setiap paket aplikasi instaler java selalu terdiri 2 file yaitu JAR dan JAD... dua-duanya harus ada di folder yang sama).

Tunggu bentar, Loading.... dan Yippiiee.... Opera mini 5 Beta dengan layar lebar sudah bisa kita nikmati dengan pulsa yang super iriiit....!! :-)

Monggo... Silaken selamat brosing irit ria... :-)

Oh... Iya, untuk cara menggunakan Opera Mini 5 Beta beda dunk dengan pake Firefox... coz kita seolah2 sedang menggunakan HP java... Ni ada Petunjuknya:


  • Tombol F1 berfungsi seperti halnya tombol kiri di HP.
  • Tombol F2 berfungsi seperti halnya tombol kanan di HP.
  • Tombol Panah berfungsi seperti halnya tombol navigasi di di HP.
  • Tombol angka 1-9 berfungsi seperti halnya tombol keypad di HP.
  • Tombol ENTER berfungsi seperti halnya tombol OK di HP.
  • Pengetikan Huruf bisa memakai tombol di keyboard
  • Pengetikan Simbol bisa memakai tombol angka 1 berulang-ulang seperti ngetik SMS sampai karakter simbol yang dikehendaki muncul.

No comments: