Thursday, November 05, 2009

Ber-"Blackberry" ria di PC



Akhir-akhir ini demam Blackberry sedang melanda Indonesia... beberapa orang bahkan sampai bela-belain buat beli gadget ini peduli amet mo cash kek mo kredit kek.... mo resmi kek.. mo BM kek... yang penting gw exist pake BB... hehe
Naah... Pertanyaannya... kenapa Pake BB? jawaban yang paling simple adalah "Gengsi" bin "Prestise".

Padahal kalo dipikir2 BB ntu laen lo dengan kita beli Gadget ato Hape yang laen, coz selaen kita harus punya budget buat beli henset BB-nya, kita juga mesti punya kocek ekstra buat berlangganan BIS alias Blackberry Internet Service, yang sampe saat ini harga yang paling murah adalah Rp.5000 per hari dengan menggunakan layanan XL.


Contoh paling nyata bagi pengguna BB yang sering maen di facebook bisa dilihat dari footer status mereka yang berbunyi
"dikirim dari facebook untuk blackberry" cieee.....! Sehingga semua jaringan temennya tahu kalo emang dia punya BB... :-)

Naah perntanyaannya sekarang... Apakah betul kalo Status kita di FB ingin dilengkapi dengan footer
"dikirim dari facebook untuk blackberry" otomatis kita harus punya BB? Jawabannya ternyata TIDAK.... karena eh karena setidaknya ada dua cara agar status FB kita dilengkapi footer "keren" tersebut...

Pertamax,
kita minjem BB orang.... :-) Ini pasti manjur dah ... dijamin... Tapi apa orang tersebut mau minjemin BB-nya tiap kita mo update status... "Ih... gak modal banget deh loh..." pasti cap itu langsung nempel di jidat kita.


Keduax,
adalah dengan menggunakan Sofwer Simulator Blackberry...! Naaah... ini dia jawaban yang tepat.... Tapi emang ada sofwer seperti itu...? Ya iya laah ada.... masa ya iya dong.... malah yang ngeluarin Perusahaan Research in Motion (RIM) sendiri koq...


Lha terus maksutnya apa RIM pake bikin sofwer gituan segala...? tadinya simulator ini dibikin buat para depelover aplikasi BB buat uji coba software bikinannya TANPA harus membeli handheld BB aslinya... begitu Tong....! Naah... Oleh orang awam simulator ini berguna buat nyicipin BB tanpa harus beli BB... begitu loo....

Oke deh
jadi gimenong caranya....? Jujur.... caranya gampang2 susah... maklum teknik ini agak sedikit advance... jadi kita semua harus punya modal sabar n tekad buat belajar.... Nih step-stepnya kita uraiken satu-satu :
  1. Donlod sofwer simulator BB DISINI. Kita hanya perlu registrasi, tapi gak usah khawatir, gratis koq... modal alamat e-mail doang. Pilih emulator BB yang anda suka dari mulai Storm (9500), Bold (9000), Javelin (8900), Gemini (8520) semuanya ada.
  2. Donlod Software MDS Simulator di SINI. Sofwer ini berguna untuk mensimulasikan bahwa Simulator BB kita sedang terhubung ke jaringan BIS.
  3. Donlod Java Development Kit (JDK) dari SINI, lalu pilih JDK 6 Update 17. Ini mutlak perlu untuk mensimulasikan lingkungan Java yang dibutuhkan BB simulator.
Setelah semuanya didonlod, silakan instalkan sofwer-sofwer tersebut ke PC saudara-saudara semuanya, dengan urutan sbb :
  1. Install JDK
  2. Install MDS
  3. Install BB Simulator
Lalu cara pakenya pegimana...? Nih sy terangin juga :
  1. Hidupkan aplikasi MDS (Start==>program==>Research in Motion ==>MDS)
  2. Hidupkan aplikasi simulator BB-nya Contoh : (START==>Program ==>Research In Motion==>BlackBerry Smartphone Simulators 4.6.0==>4.6.0.216 (9000))
  3. Untuk mengaktifkan Facebook for blackberry tinggal arahkan aplikasi browser BB-nya ke www.blackberry.com/facebook, lalu ikuti petunjuk untuk mendownload dan menginstall aplikasi facebook for Blackberry.
Udah deh... kalo semua langkah diatas telah dikerjaken dengan benar... insya allah Blackberry Boongan anda telah bisa bekerja dengan baik di komputer anda. Untuk info lebih lengkap mengenai instalasi BB simulator plus aplikasi Facebook for blackberry silaken klik DISINI dan DISINI.

No comments: