Friday, August 06, 2010

Tutorial Instalasi Sisfo Kampus 3.5



Well... jadi inget 2 tahun lalu ketika gw ikut training SISFO Kampus selama 2 hari... tapi BTW, karena kampus gw batal menggunakannya jadi ilmu yang aku peroleh itu terpendam begitu aja.... Naaah... daripada ilmunya mubazir mendingan aku coba inget-inget lagi dan aku bagikan disini. Semoga tulisan ini bisa berguna bagi siapapun yang membutuhkannya.

Jujur aja sengaja gw posting tutorial ini karena susah sekali menemukan petunjuk instalasi Sisfokampus 3.5 yang tersedia secara online.

Sebelum mencoba silakan download source code Sisfo kampus 3.5 DISINI, dan XAMPP terbaru DISINI.


  1. Instal XAMPP
  2. Masuk ke phpmyadmin (http://localhost/phpmyadmin/)
  3. Buat database baru “sisfo”
  4. Ekstrak master sisfo kampus foldernya beri nama “sisfo”
  5. Copy folder “sisfo” ke C:\xampp\htdocs
  6. Instal aplikasi sisfo kampus melalui http://localhost/sisfo/
  7. Ikuti petunjuknya
  8. SISFO Kampus siap digunakan
Bacaan lainnya :
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Instalasi_Sisfokampus

8 comments:

abdulrofiq said...

saya boleh tanya pak?saya sudah instal sisfo campus...untuk pengeditan KRS di mana y?mohon pencerahannya...terimakasih.

Suaib said...

bisa diposting buku manualnya tidak ?

Dakwah Cyber Media said...

kok gagal terus bro..

Dakwah Cyber Media said...

cara login gmn bro kok muncul kode sama password....

Art Kreator said...

Trima Kasih sekali Fitra Lau artikelnya bikin aku bisa setting Sisfokampus, yg mana sebelumnya di versi 3.0 smpat mentok gk bisa finish,googling gk ketemu solusi. Thanks sudah berbagi info berharga. Sekarang sukses deh pake versi 3.5 dari link blog ini. Pokoknya tak doain masuk syurga ama sandal2nya sekalian Amiin, hehe.. x1 lagi thanks.

Fitra Sakti said...

Terima Kasih atas kunjungannya, maaf lama sekali sy tidak maintain blog ini karena kesibukan saya sebagai teknisi komputer di www.spesialiskomputer.net. Syukur alhamdulillah kalau tulisan ini bermanfaat, mudah2an bisa jadi ajang komunikasi bagi siapapun yang sudah dan belum berhasil menginstal software open source ini. Tentu saja rasa terima kasih yg paling besar tetap sy haturkan untuk Mas Dewo founder dari software ini.

aa said...

Terima kasih mas Fitra Lau,,telah mempostingkan sistem aplikasi ini,sangat membantu sekali. tapi ada bebrapa kendala bagi saya mas yang masih newbie, yaitu butuh tutorial atau panduan dalam menjalankan secara kesulurahan dalam sistem ini.
jika berkenan mas berkenan untuk ngshare tutorialnya, saya sangat berterima kasih bangt mas..

Plung said...

Halo.
Waktu belajar PHP nemu Sisfo Kampus. Aplikasi ini bagus, akan tetapi tidak bisa setelah diinstall lalu begitu saja dijalankan. Harus ada beberapa file php yang harus diganti. Password pada table karyawan bisa saja dikosongkan, akan tetapi setelah login tetap saja belum bisa memunculkan menunya. Setelah berhasil menampilkan menu, data mahasiswa belum bisa dimasukkan, karena ada yang harus diganti lagi pada script php. Setelah itu pada menu matakuliah selalu muncul message tidak memiliki akses meskipun sudah masuk sebagai si nomor satu sang super. Setelah diutak atik pada script dan database baru bisa jalan....
Kalau nggak mau susah ikut aja trainingnya, semoga tidak lagi ada masalah setelah itu...