Monday, October 28, 2013

TV Kabel Mulai Ditinggalkan

KEHADIRAN televisi internet membuat pelanggan televisi kabel berpikir ulang untuk terus berlangganan televisi kabel.

Survei firma riset Strategy Analytics Inc mengungkap, sebanyak 13 persen pelanggan televisi kabel di Amerika Serikat (AS) berencana menghentikan langganan televisi kabel pada 2011.

"Konsumen mulai meninggalkan televisi kabel karena televisi internet mampu meningkatkan kualitas gambar secara signifikan. Salah satu contoh paling populer adalah Apple TV produksi Apple Inc," ujar Director Digital Consumer Practice Strategy Analytics Inc Ben Piper.

Terpisah, firma riset ABI (Allied Business Intelligence) Research Inc mengungkap, pendapatan global layanan televisi berbayar pada kuartal kedua (April-Juni) 2010 meningkat 9 persen per tahun menjadi USD58 miliar. ABI Research menjelaskan, sebagian besar pendapatan itu berasal dari layanan televisi kabel, yang menguasai pangsa 52 persen di pasar global televisi berbayar. Pangsa terbesar kedua, atau sekitar USD24 miliar, ABI Research menambahkan, dikuasai oleh layanan televisi satelit.

Seperti layanan televisi kabel, ABI Research menegaskan, pendapatan global layanan televisi satelit pada kuartal kedua 2010 bertumbuh stabil pada kecepatan sekitar 12 persen per tahun.

"Pertumbuhan ini didorong peningkatan populasi pelanggan sekaligus peningkatan pendapatan rata-rata per pelanggan," tutur Research Associate ABI Research Inc Khin Sandi Lynn. Dari tiga ragam utama layanan televisi berbayar di dunia, yaitu televisi kabel, televisi satelit, dan IPTV (Internet Protocol Television), alias televisi internet, layanan yang meraih pertumbuhan tertinggi adalah IPTV.

ABI Research menjelaskan, IPTV adalah siaran televisi digital yang disuguhkan kepada konsumen melalui jaringan internet berkecepatan tinggi. ABI Research menemukan, pada akhir kuartal kedua 2010 jumlah pelanggan televisi berbayar di dunia mencapai 688 juta orang. ABI Research memperkirakan, saat layanan televisi berbayar secara umum hanya mampu meraih pertumbuhan tahunan rata-rata 5,7 persen mulai 2010 hingga 2015, IPTV mampu meraih pertumbuhan 20 persen. (Koran SI/Koran SI) (srn)


Source : http://techno.okezone.com/read/2010/09/15/54/372198/tv-kabel-mulai-ditinggalkan

Komentar yang Punya Lapak : "Ini terjadi di Amrik... Bagaimana dengan Indonesia...? Sepertinya perlahan tapi pasti akan terjadi, karena ini merupakan keniscayaan dari kemajuan teknologi khususnya dengan semakin murahnya internet broadband. Contoh realnya ya dengan hadirnya UseeTV, Indostreamix, MivoTV dkk."

1 comment:

hasan langoday said...

Pelajari TV kabel dan buat sendiri Headend serta cara mengatasi troubleshot kunjungi : http://langoday.com