Thursday, November 21, 2013

BBM-an di Laptop Why Not...?

Sejak Peluncuran BBM untuk Android Akhir September lalu yang pada akhirnya sempat dihentikan dan dibuka kembali sebulan kemudian di Oktober 2013, aku punya suatu hipotesis bahwa dengan cara tertentu BBM Android ini dapat dijalankan melalui laptop. Ini berdasarkan pengalamanku dulu waktu menginstal emulator BB di laptop. Naah... Kalo Emulator BB udah tersedia, pastinya emulator Android pun harusnya ada dooonk...?

Keyakinan itulah yang membuatku kasak-kusuk cara instal BBM android di laptop; di saat orang lain sibuk mikirin Handset Android apa yang cocok dengan budgetnya; aku malah berfikir bagaimana caranya ber BBM-an Ria dengan memanfaatkan Laptop yang tersedia dan GRATISS tentunyaa... hehe.

Setelah bergelut cukup lama akhirnya pada hari ini 21 November 2013 Genap 2 bulan setelah BBM Android diluncurkan, akhirnya misi BBM-an di Laptop BERHASIL... 



Berikut adalah alat tempur yang harus diunduh agar bisa BBM-an di Laptop:

  1. Oracle VirtualBox, yang berfungsi sebagai Software Virtual Machine, dapat didownload gratis DISINI.
  2. Genimotion, yang fungsinya sebagai "frame" untuk mengatur ukuran layar Android Virtual yang ditampilkan, dapat didownload gratis DISINI.
  3. Android SDK Bundle, Fungsinya sebagai "Lingkungan Virtual" dari tampilan Android yang ditampilkan oleh GeniMotion. Dapat didownload DISINI. Warning..! ukurannya 500 MB-an...! pastikan kuota internet anda cukup... hehehe...
  4. File Tablet Andoid Virtual / Jadi-jadian yang berbentuk file *.ova bisa didownload DISINI. File ini akan menghasilkan tampilan tablet Android 4.2.2 (Jelly Bean API Level 17) yang sudah dilengkapi dengan Google Market. Ukurannya Lumayan besar 200 MB-an.
Selanjutnya, Gimana cara menginstallnya...? Monggo silakan dipanteng DISINI. Dijamin, apabila bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan baik, maka BBM pun langsung Online di Laptop anda. SELAMAT MENCOBA...

BTW, trims banget buat agan KasKus Warungmirah karena berkat Threadnya aku berhasil "menyulap" Laptopku agar bisa BBM-an.

No comments: