Thursday, November 20, 2008

Jurus Three Musketeer Agar Komputer Kebal Virus




Akhir-akhir ini aku disibukkan dengan wabah virus Pendekar Blank yang telah menyapu bersih semua komputer di kampusku. Jengkel banget soalnya virus ini sanggup melewati proteksi dari antivirus Avast yang sekalipun telah terupdate. Banyak sekali keluhan khususnya dari dosen-dosen yang pulang mengajar dan tiba-tiba semua datanya hilang diumpetin virus.

Akhirnya aku pun muter otak gimana caranya tu virus nggak bisa seenaknya nyebar ke komputer-komputer di kampus. Salah satu solusi yang aku dapatkan yaitu memasang softaware deep freeze di komputer. Tapi syaratnya sebelum dipasang komputer itu mesti dipastikan dulu bersih dengan cara discan dengan AV terbaru. Aku sih merekomendasikan Avast yang telah malang melintang melindungi semua komputer di kampus ini selama 6 bulan terakhir.

Berikut ini adalah ”Jurus Three Musketeer” yang biasa aku gunakan agar windows kita aman dari serangan virus atau paling tidak kebal dari serangan virus:

  1. Instal Avast terbaru, gratis koq...
  2. Instal Flash Disk Fire Wall, program ini berguna agar Flashdisk yang masuk nggak langsung menulari komputer kita dengan virus.
  3. Install Deep Freeze terbaru, sotware ini sangat ampuh untuk berjaga-jaga kalo komputer terkena virus. Bila virus menyerang cukup di restart, dan komputer pun kembali ke sedia kala.

Sampai saat ini ketiga Jurus diatas cukup ampuh dalam menghadapi dedemit virus yang selama ini sealu mengintai komputer kita. Dan dalam waktu seminggu saja dari aplikasi jurus diatas penyebaran virus pun sudah mulai mereda.

CATATAN:

Terus update avast-nya setidaknya seminggu sekali, tapi jangan lupa sebelum update deepfreeze-nya harus dalam keadaan ”Thawed boot”. Jangan lupa, sesudah update deep freeznya dibalikin lagi ke ”Frozen boot”.

Masih bingung...? tanya aja di Shout box yah... :-)

No comments: