Wednesday, September 27, 2006

Hare Genee Masih Pake Windows…?

“Ternyata ribet banget agar kita bisa aman dari serangan virus. Aku punya saran yang paling jitu untuk menghindari semua itu. Caranya hanya dengan mengubah pola pikir kita. Ada kok yang lebih praktis dari cara diatas… Daripada bingung-bingung ngadepin dinamika pemikiran para VX yang mengincar Windows mending Pake LINUX Aza…! Hare gene masih pake Windows…? gunakan windows hanya bila benar-benar perlu saja kayak maen game, nge-print dan hiburan aja, lain dari itu Linux bisa koq. Saat ini saya menggunakan Dual boot Win XP dengan Xandros 3.0.1”

Itulah komentar saya di sebuah blog yang membahas pola pikir sang pembuat virus komputer (VX). Coba aja pikir, hanya demi keamanan dalam memakai komputer berbasis Windows, kita dipaksa harus rajin meng-update antivirus yang kita punya setidaknya 1 bulan sekali…! Ribet banget khan…? Masih mending kalo ukuran file updatenya kecil-kecil, kenyataannya sekali update kita harus men-download sebuah file seukuran 8 -10MB. Sungguh sangat tidak praktis dan ekonomis, apalagi bagi para pengguna akses dial-up dan akses berdasarkan besar data lewat koneksi CDMA seperti saya.

Windows memang banyak disukai orang karena kemudahan pemakaian dan keindahan tampilannya. Tapi justru popularitas itulah yang menjadi senjata makan tuan bagi windows. Virus-virus baru seakan-akan tiada hentinya dibuat untuk mengobrak-abrik system operasi buatan Bill Gates ini. Saya tidak munafik, sampai detik ini saya masih menggunakan Windows XP, tapi ada sedikit perubahan dalam pola pikir saya. Saya menggunakan windows hanya untuk menikmati kemudahan yang belum terdapat pada linux seperti kompatibilitas hardware yang luas dan nikmatnya bermain Game 3D. Lain dari itu, untuk keperluan kerja sehari-hari, saya mulai belajar menggunakan Linux (Xandros 3.0.1).

Memang ada hal-hal yang sepertinya masih menjadi PR bagi pengembang OS Linux terutama dalam penyediaan driver buat hardware yang kita gunakan sehari-hari seperti printer, Modem, scanner, dll. Untuk pencetakan, konon ada kemudahan yang ditawarkan oleh turboprint.com yang memungkinkan kita untuk menggunakan printer jenis apa saja dalam lingkungan Linux. Bahkan bagi yag ingin menikmati berbagai aplikasi windows dalam Linux pun dapat mencoba CrossOver dari CodeWeaver.com.

Jadi kesimpulannya kembali lagi sama diri kita masing-masing; tetap menggunakan teknologi popular namun rentan dari serangan virus atau belajar menggunakan alternatif lain dengan kegunaan yang sama namun aman dari serangan virus-virus tersebut. Menyitir sebuah iklan layanan seluler “Hare gene masih pake windows…?”

No comments: