Wednesday, September 13, 2006

Wirausaha Layanan Video Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini perangkat digital video player sudah semakin populer. Beberapa tahun yang lalu film berformat VCD sukses menggusur keberadaan video berformat BETA dan VHS. Sekarang keberadaan format VCD mulai tergeser dengan adanya format DVD yang menawarkan kualitas gambar dan suara yang jauh lebih baik.

Namun bila ditinjau dari fungsinya, format VCD masih sangat memadai untuk keperluan dokumentasi sehari-hari ditinjau dari popularitasnya dan harga media penyimpanannya yang jauh lebih murah dari DVD. Sehingga tidak mengherankan kalau sampai saat ini format VCD masih banyak dipakai untuk dokumentasi acara-acara perkawinan, ulang tahun dan acara-acara lainnya.

Perangkat video editing yang dulu berharga mahal kini berangsur semakin murah dikarenakan oleh adanya teknologi yang lebih baru atau karena skala produksi yang semakin besar. Hal yang paling mencolok dapat dilihat dari munculnya kamera video digital berformat Mini DV. Beberapa tahun yang lalu, kamera jenis ini masih berharga sekitar 6 jutaan, sedangkan pada saat ini dengan harga kurang dari 3 Juta rupiah kita sudah dapat membawa pulang seperangkat kamera video berformat Mini DV ini. Kamera video jenis ini memungkinkan penggunanya untuk dapat secara langsung mentrasferkan videonya ke komputer melalui kabel USB atau Firewire sehingga menghilangkan kebutuhan akan perangkat video capture yang berharga mahal seperti halnya kalau kita menggunakan kamera video berformat BETA dan VHS.

Begitu pula yang terjadi dengan perangkat komputer. Harga seperangkat komputer berkecepatan 2,66 GHz dengan memori 512 MB dan harddisk 80 GB yang beberapa tahun lalu harus ditebus dengan harga 7 jutaan, kini bisa ditebus hanya seharga 4 jutaan saja. Ini pun akan bisa lebih murah lagi apabila kita menggunakan komputer second dengan teknologi yang lebih lawas. Sebagai gambaran, dengan mempunyai komputer dengan spesifikasi Pentium III 1 GHz, memori 256 MB, hardisk 40 GB, VGA 32 MB dan dilengkapi dengan CD Writer kita sudah bisa menjalankan bisnis ini. Dengan demikian, peluang untuk berwirausaha di bidang video shooting, video transfer, dan video editing semakin terbuka lebar.

Siapapun yang mau menggeluti bisnis ini harus memiliki keterampilan dalam bidang video editing yang belum begitu populer. Sehingga persaingan dalam bisnis ini masih sangat longgar. Sehingga, selain modal keinginan belajar yang kuat dan keberanian untuk segera memulai sangat menentukan keberhasilan dari bisnis ini. Namun semua itu tidak akan sia-sia. Bayangkan saja untuk saat ini saja harga layanan video shooting masih berkisar 150 – 250 ribuan. Sedangkan untuk biaya transfer saja, tanpa editing dipatok seharga 75.000 per keping VCD. Lalu untuk biaya editingnya sendiri rata-rata dipatok harga 200 – 300 ribu per keping VCD, belum lagi apabila pelanggannya menginginkan hasil akhir berupa DVD, bisa lebih mahal lagi. Cukup menarik bukan?

Perangkat yang dibutuhkan

Untuk memulai bisnis ini, setidaknya alat-alat dibawah ini harus anda miliki:

  1. Handycam yang berformat Mini DV. Harganya dimulai dari sekitar 2,7 Jutaan.
  2. Sebuah komputer dengan spesifikasi minimal :
    • Pentium III 1 GHz
    • 256 MB Memory
    • 40 GB Hard Disk (SCSI lebih disarankan)
    • Motherboard yang stabil (disarankan dengan chipset Intel)
    • VGA 32 MB
    • Sebuah CD Writer

Kisaran harga komputer dengan spesifikasi seperti ini sekitar 3,5 jutaan. Semakin bagus spesifikasi komputer kita, akan semakin cepat pula pekerjaan kita selesai karena kegiatan video editing sangat membutuhkan memori dan tempat penyimpanan yang besar serta prosesor yang cepat khususnya pada saat proses encoding dilakukan.

Untuk mengembangkan bisnis ini, diperlukan beberapa tambahan alat sebagai berikut:

<!--[if !supportLists]-->1. <!--[endif]-->VHS/Betamax Player, yang memungkinkan anda untuk memainkan video yang berasal dari kaset analog seperti Betamax dan VHS.

<!--[if !supportLists]-->2. <!--[endif]-->Video Capture Card seperti Matrox dan Pinnacle yang memungkinkan anda untuk merekam video dari player Betamax dan VHS. Harganya mulai dari Rp. 600.000 sampai 10 jutaan tergantung dari kualitas output video yang dihasilkan.

<!--[if !supportLists]-->3. <!--[endif]-->DVD Writer, yang memungkinkan anda untuk menghasilkan output video berformat DVD. Perangkat ini dapat diperoleh dengan harga 500 ribuan.

Alur Kerja Layanan Video Digital

Secara umum alur kerja sebuah layanan video digital dapat digambarkan sebagai berikut ini:

<!--[if !supportLists]-->1. <!--[endif]-->Shooting

Proses pengambilan gambar. Hal ini dapat dilakukan oleh kita sendiri atau oleh klien sendiri. Outputnya bisa berupa kaset VHS, Betamax atau Mini DV.

<!--[if !supportLists]-->2. <!--[endif]-->Transfering

Proses pemindahan video dari kaset ke PC. Apabila kaset sumber berformat Mini DV kita cukup menghubungkan kamera Mini DV yang kita punyai ke komputer dengan koneksi USB maupun Firewire. Namum bila kaset sumber berformat VHS atau Betamax, kita harus mempunyai playernya masing-masing yang dihubungkan ke perangkat video capture. Hasil rekamannya akan berbentuk file AVI atau MPEG, tergantung dari perangkat yang digunakan.

<!--[if !supportLists]-->3. <!--[endif]-->Editing

Menyunting dan memberikan animasi dan teks pada video. Dalam tahap ini anda dapat melakukan penyuntingan pada file video yang telah dihasilkan seperti membuang bagian yang tidak diperlukan, menambahkan teks opening dan closing, membuat spesial effect, menyisipkan transisi, menambahkan soundtrack, memperbaiki gambar dll. Untuk melakukan hal-hal tersebut diperlukan software khusus seperti Adober Premiere, Ulead, After Effect, dll.

<!--[if !supportLists]-->4. <!--[endif]-->Encoding

Mengubah file avi menjadi file MPEG/VOB. Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama, tergantung dari spek komputer yang digunakan. Apabila output yang diinginkan berupa VCD, maka file ini harus di encode ke dalam file MPEG-1. Sedangkan apabila kita menginginkan output DVD, maka file ini harus diencode ke dalam file VOB.

Demikianlah bahasan kita mengenai wirausaha layanan video editing ini. Semoga bisa berguna menjadi inspirasi siapapun yang menginginkan bisnis baru yang modalnya cukup murah namun hasilnya cukup menjanjikan. Apabila ada pertanyaan silakan hubungi saya melalui e-mail fitra_lau@yahoo.com.

No comments: